Pengembangan HOTS, study kasus pembelajaran berbasis Proyek di Shanghai (Cina)
#TMG_hari-ke_5
Pengembangan HOTS, Study Kasus Pembelajaran Berbasis Proyek di Shanghai (Cina)
Mona Farida
Kepala SMP Muhammadiyah 36 Jakarta
Bagian ke dua
Dalam Praktek PBL ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar dapat berjalan dengan optimal dan berkualias, pertama pentingnya bimbingan . PBL bukan pengajaran berbasis desain yang membiarkan peserta didik melakukan apa yang mereka ingin lakukan tanpa panduan. Kedua, tidak boleh ada unsur paksaan dalam merancang pedagogik. Guru bukan memerintahkan peserta didik . Terakhir guru melakukan arahan sampai peserta didik dapat memahamin sehingga menghasilkan solusi dari masalah yang ditemukan. Hal ini metode pengajaran yang sesungguhnya sesuai desain pendidikan.
Praktek HOTS di Shanghai
Tantangan tahun 2014 di Shanghai, Bagaimana agar dapat meletakkan standar penghasilan dan berkembangnya anak-anak di masa depan? Program study Preschool Pery melakukan study penelitian perkembangan jangka panjang manusia . Proyek ini membahas pada perubahan kognitif dari jenjang usia 5 tahun, 14 -27 tahun dan usia 40 tahun. Bagaimana perubahan kognitif manusia. Apakah benar - benar ada perubahan. Hasil dari study Pery dijelaskan 2/3 terpengaruh dari rasa ingin tahu, pengendalian diri dan fleksibilitas sosial. Studi Tindak lanjut jangka panjang menjelaskan keberhasilan dipengaruhi ketekunan, konsentrasi, perencanaan, regulasi emosianal dan prestasi Akademi. Enam pendataan TK, kelas 1 , kelas 3 dan kelas 5 menunjukan hal signifikan mempengaruhi prestasi akademik yaitu membaca, sedangkan matematika pengaruh dari latar belakang sosial ekonomi .
Tahun 2015 sampai 2018 adalah masa envisioning learning . Melalui Laboratorium kelas. laboratorium berbasis games dan pembelajaran berpusat pada laboratorium peserta didik memerlukan pengaturan alat untuk memahami kemampuan dasar pembelajaran literasi dan keterampilan subjek inti. Selajutnya bagaimana contoh PBL dalam seni. Pada masa dulu di China konsep PBL dimulai dari memahami lukisan dinding Dunhuang, menghargai beberapa lukisan Dunhuang , mempelajarin tentang jenis lukisan dinding Dunhuang , memahami feitian , gerakan dari kostum seorang feitian, melihat berbagai gambar feitian dan menyalin gambar seorang feitian .
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengembangan HOTS, study kasus pembelajaran berbasis Proyek di Shanghai (Cina)
#TMG_hari-ke_5 Pengembangan HOTS, Study Kasus Pembelajaran Berbasis Proyek di Shanghai (Cina) Mona Farida Kepala SMP Muhammadiyah 36 Jakarta Bagian ke dua Dalam Praktek PBL