• SMP MUHAMMADIYAH 36
  • Religious, Unggul, dan Berprestasi
  • smpmuh36@gmail.com
  • 0218295772 / 085886321900
  • Pencarian

Profesi Guru, Pentingkah? (Belajar dari negara Jepang) Mona Farida (Kepala SMP Muhammadiyah 36)

Guru merupakan profesi, dimana peran pentingnya adalah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Selain mengajarkan, menyampaikan ilmu juga membimbing peserta didik dengan tujuan mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan dalam berbagai aspek. Profesi guru secara umum kurang populer di bandingkan profesi lain, bisa kita bandingkan dengan profesi Dokter. Dimana jika kita tinjau dari segi penghasilan profesi Dokter jauh lebih baik. Guru merupakan profesi, dimana peran pentingnya adalah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Selain mengajarkan, menyampaikan ilmu juga membimbing peserta didik dengan tujuan mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan dalam berbagai aspek. Profesi guru secara umum kurang populer di bandingkan profesi lain, bisa kita bandingkan dengan profesi Dokter. Dimana jika kita tinjau dari segi penghasilan profesi Dokter jauh lebih baik. 
Walaupun, upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru pada saat ini sudah melalui pemberian tunjangan profesi guru yang jumlahnya terus meningkat, namun secara umum kesejahteraan guru belum merata dan masih di bawah. Padahal kalau kita lihat profesi guru dalam peran pembangunan suatu negara, sangat penting . 
Ada satu kisah menarik  dibalik sejarah kemajuan negara Jepang  pada Agustus 1945, pada akhir Perang Dunia II. Pasukan Amerika Serikat berhasil membom Jepang tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki. Bagaimana, Kaisar Hirohito ketika mendengar berita Hiroshima dan Nagasaki hancur akibat bom atom. Respon yang langsung muncul dari Kaisar, “Berapa jumlah guru yang tersisa?”. Pertanyaan ini membuat para Jendral bingung, berapa guru yang tersisa saat ini. Ketika negara Jepang kalah perang biasanya orang umum akan bertanya berapa armada militer yang tersisa, berbeda dengan kaisar  lebih menanyakan guru yang tersisa ada berapa .
Alasan dibalik pertanyaan inilah yang harus menjadi contoh negara lain, bila ingin negaranya maju. Kaisar Hirohito beranggapan  bahwa Jepang telah jatuh, hal ini karena Jepang tidak belajar. Pada saat itu Jenderal dan tentara Jepang boleh jadi kuat dalam senjata dan strategi perang, tetapi realitanya tidak memiliki pengetahuan mengenai bom yang telah dijatuhkan Amerika.Kaisar Hirohito mengatakan bahwa  Jepang tidak akan bisa mengejar negara adidaya lainnya jika tidak belajar dari kekalahan tersebut. Keputusan  tepat yang harus dilaksanakan para Jendral untuk mengumpulkan seluruh guru yang tersisa di seluruh pelosok Jepang.
Tumpuan Jepang pada saat itu adalah para guru bukan kekuatan pasukan . Ada 45.000 guru yang tersisa diberikan arahan Kaisar Hirohito untuk bergerak membangun negara Jepang . Kehadiran guru menjadi sangat penting untuk membangkitkan keterpurukan setelah Hiroshima dan Nagasaki hancur akibat bom atom. Perlahan namun pasti Jepang bangkit dari keterpurukannya . 
Jepang hanya membutuhkan dua kali rencana jangka panjang atau kurang  dari 40 tahun untuk membangun negaranya melalui ilmu pengetahuan. 45.000 guru yang terkumpul memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap negaranya, untuk melaksanakan misi memimpin pada setiap benak muridnya dalam membangun negara Jepang . 
Semangat bushido agar akar budaya tak lepas dari alam pikir muridnya dalam budaya dan pengetahuan barat . Semangat Bushido adalah semangat kepahlawanan dan keberanian yang merupakan prinsip dasar dari kode etik samurai Jepang. Semangat ini menekankan keberanian, kesetiaan, disiplin dan etuika dalam bertindak . Jepang mengawinkan tradisi dan modernisasi. Tradisional dalam budaya yang kuat dan modernisasi pengembangan ilmu pengetahuan. Etikabilitas masyarakat Jepang dalam kehidupan sehari-hari  terlihat bagaimana guru menanamkan Pendidikan karakter sejak dini . 
Ada pergeseran sistem pendidikan Jepang sebelum dan setelah Perang Dunia  II. Sebelum perang Dunia II dibawah kementrian pendidikan Jepang di  Tokyo, sekolah-sekolah diajarkan keunggulan negara Jepang, inisiatif dari individu dihilangkan. Pada akhir tahun 1920an, pelatihan militer diperkenalkan di sekolah–sekolah dan semangat nasionalis dikembangkan melalui murid-murid. Setelah kehancuran bom Hiroshima dan Nagasaki, pendidikan Jepang diarahkan lebih demokratis. Membangun dan mengembangan  pendidikan secara demokratis dalam arti memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh warga Jepang dalam memperoleh pengetahuan . Pada tahun 1951, Kementrian Pendidikan Jepang memperkenalkan  Gakushishudoyoryo atau garis besar panduan belajar. Panduan ini memberikan hak kepada tiap sekolah untuk menentukan kurikulum yang digunakan namun tetap berdasarkan pedoman belajar yang dikeluarkan pemerintah .
Perubahan pendidikan di Jepang membawa perubahan pesat terhadap kemajuan  negara Jepang khususnya juga perkembangan teknologi di Jepang tanpa menghilangkan adat budaya Jepang. Sepenting itulah peran guru dalam suatu negara sehingga kehadiran guru mengantarkan Jepang pulih dan mengalami kemajuan yang amat pesat sampai saat ini . Profesi Guru, pentingkah? Jika kita lihat bagaimana perjalanan negara Jepang yang lepas dari keterpurukan setelah di Bom pada Perang Dunia II. Guru merupakan posisi yang strategis bagi pemberdayaan dan pembelajaran suatu bangsa. Guru dapat mengatisipasi perubahan  dan besarnya tuntutan dan tekanan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dalam kemajuan suatu bangsa .

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Study Tiru ke Kertabumi

Perwakilan Tim SMP Muhammadiyah 36 melakukan study tiru ke Kertabumi Recycling Center yang terletak di Tanggerang Selatan. Kertabumi Recycling Center merupakan kewirausahaan sosial berb

24/09/2024 11:12 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 109 kali
Gen Z Menuju Generasi Emas atau Generasi Cemas

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data statistik yang merupakan hasil rilis dari Sensus Penduduk 2020. Statistik tersebut mengungkapkan komposisi penduduk Indonesia berdasarkan kelomp

04/09/2024 14:37 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 227 kali
Dosen UMJ Laksanakan Pengabdian Masyarakat di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melaksanakan Pengabdian Masyarakat di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024.  Dosen UMJ yang terlibat dalam Pengmas

28/08/2024 11:47 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 179 kali
Pelajar Muhammadiyah 36 Peduli Korban Kebakaran Manggarai

Manggarai Berduka.Selasa, 13 Agustus 2024 dini hari warga Manggarai kehilangan hampir seluruh asetnya karna di lalap si jago merah. Dengan duka yang mendalam terhadap korban dan warga

27/08/2024 18:58 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 262 kali
SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK BARU SMP MUHAMMADIYAH 36 TAHUN AJARAN 2024/2025

Terimakasih kami ucapkan kepada orang tua peserta didik serta masyarakat yang telah memberikan kepercayaan serta amanah untuk menginvestasikan pendidikan melalui SMP Muhammadiyah 36 sem

10/07/2024 18:16 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 413 kali
SELAMAT ATAS KELULUSAN SISWA DAN SISWI SMP MUHAMMADIYAH 36 TAHUN AJARAN 2023/2024

Assalamualaikum wr wb  Alhamdulillah selamat dan sukses atas kelulusan siswa dan siswi kelas IX tahun ajaran 2023/2024. Semoga kalian sukses dijenjang selanjutnya. Dan tetap melan

10/06/2024 15:48 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 484 kali
SELAMAT ATAS KELULUSAN SISWA DAN SISWI SMP MUHAMMADIYAH 36 TAHUN AJARAN 2023/2024

Assalamualaikum wr wb  Alhamdulillah selamat dan sukses atas kelulusan siswa dan siswi kelas IX tahun ajaran 2023/2024. Semoga kalian sukses dijenjang selanjutnya. Dan tetap melan

10/06/2024 15:48 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 437 kali
GURU SMP MUHAMMADIYAH 36 MEMPEROLEH MEDALI PERAK DAN PERUNGGU DALAM AJANG PERLOMBAAN INOVASI PEMBELAJARAN OLYMPICAD7 DI BANDUNG

Assalamualaikum Wr Wb Tidak hanya siswa yang harus berprestasi tetap guru juga bisa melakukan prestasi dengan berbagai inovasi pembelajaran yang mereka lakukan di dalam kelas. Alhamdul

23/04/2024 10:07 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 490 kali
SELAMAT DAN SUKSES KEPADA IZZAN ADITHY ANDRIANLY MERAIH KEJUARAAN PENCAK SILAT TINGKAT NASIONAL

Assalamulaikum wr wb  Alhamdulilah siswa SMP Muhammadiyah 36 Jakarta kembali meraih prestasi yang diperoleh Izzan Adithy Andrianly meraih juara 2 tanding pra remaja putra kelas C

12/02/2024 12:07 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 780 kali
SELAMAT DAN SUKSES ATAS TERPILIHNYA PIMPINAN RANTING IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH SMP ,MUHAMMADIYAH 36 JAKARTA

Assalamualaikum wr wb Senin, 29 Januari 2024 SMP Muhammadiyah 36 telah melaksanakan kegiatan Musyawarah Ranting (Musyran). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat solida

30/01/2024 15:03 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 911 kali