• SMP MUHAMMADIYAH 36
  • Religious, Unggul, dan Berprestasi
  • smpmuh36@gmail.com
  • 0218295772 / 085886321900
  • Pencarian
Slot Gacor

Profesi Guru, Pentingkah? (Belajar dari negara Jepang) Mona Farida (Kepala SMP Muhammadiyah 36)

Guru merupakan profesi, dimana peran pentingnya adalah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Selain mengajarkan, menyampaikan ilmu juga membimbing peserta didik dengan tujuan mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan dalam berbagai aspek. Profesi guru secara umum kurang populer di bandingkan profesi lain, bisa kita bandingkan dengan profesi Dokter. Dimana jika kita tinjau dari segi penghasilan profesi Dokter jauh lebih baik. Guru merupakan profesi, dimana peran pentingnya adalah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Selain mengajarkan, menyampaikan ilmu juga membimbing peserta didik dengan tujuan mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan dalam berbagai aspek. Profesi guru secara umum kurang populer di bandingkan profesi lain, bisa kita bandingkan dengan profesi Dokter. Dimana jika kita tinjau dari segi penghasilan profesi Dokter jauh lebih baik. 
Walaupun, upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru pada saat ini sudah melalui pemberian tunjangan profesi guru yang jumlahnya terus meningkat, namun secara umum kesejahteraan guru belum merata dan masih di bawah. Padahal kalau kita lihat profesi guru dalam peran pembangunan suatu negara, sangat penting . 
Ada satu kisah menarik  dibalik sejarah kemajuan negara Jepang  pada Agustus 1945, pada akhir Perang Dunia II. Pasukan Amerika Serikat berhasil membom Jepang tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki. Bagaimana, Kaisar Hirohito ketika mendengar berita Hiroshima dan Nagasaki hancur akibat bom atom. Respon yang langsung muncul dari Kaisar, “Berapa jumlah guru yang tersisa?”. Pertanyaan ini membuat para Jendral bingung, berapa guru yang tersisa saat ini. Ketika negara Jepang kalah perang biasanya orang umum akan bertanya berapa armada militer yang tersisa, berbeda dengan kaisar  lebih menanyakan guru yang tersisa ada berapa .
Alasan dibalik pertanyaan inilah yang harus menjadi contoh negara lain, bila ingin negaranya maju. Kaisar Hirohito beranggapan  bahwa Jepang telah jatuh, hal ini karena Jepang tidak belajar. Pada saat itu Jenderal dan tentara Jepang boleh jadi kuat dalam senjata dan strategi perang, tetapi realitanya tidak memiliki pengetahuan mengenai bom yang telah dijatuhkan Amerika.Kaisar Hirohito mengatakan bahwa  Jepang tidak akan bisa mengejar negara adidaya lainnya jika tidak belajar dari kekalahan tersebut. Keputusan  tepat yang harus dilaksanakan para Jendral untuk mengumpulkan seluruh guru yang tersisa di seluruh pelosok Jepang.
Tumpuan Jepang pada saat itu adalah para guru bukan kekuatan pasukan . Ada 45.000 guru yang tersisa diberikan arahan Kaisar Hirohito untuk bergerak membangun negara Jepang . Kehadiran guru menjadi sangat penting untuk membangkitkan keterpurukan setelah Hiroshima dan Nagasaki hancur akibat bom atom. Perlahan namun pasti Jepang bangkit dari keterpurukannya . 
Jepang hanya membutuhkan dua kali rencana jangka panjang atau kurang  dari 40 tahun untuk membangun negaranya melalui ilmu pengetahuan. 45.000 guru yang terkumpul memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap negaranya, untuk melaksanakan misi memimpin pada setiap benak muridnya dalam membangun negara Jepang . 
Semangat bushido agar akar budaya tak lepas dari alam pikir muridnya dalam budaya dan pengetahuan barat . Semangat Bushido adalah semangat kepahlawanan dan keberanian yang merupakan prinsip dasar dari kode etik samurai Jepang. Semangat ini menekankan keberanian, kesetiaan, disiplin dan etuika dalam bertindak . Jepang mengawinkan tradisi dan modernisasi. Tradisional dalam budaya yang kuat dan modernisasi pengembangan ilmu pengetahuan. Etikabilitas masyarakat Jepang dalam kehidupan sehari-hari  terlihat bagaimana guru menanamkan Pendidikan karakter sejak dini . 
Ada pergeseran sistem pendidikan Jepang sebelum dan setelah Perang Dunia  II. Sebelum perang Dunia II dibawah kementrian pendidikan Jepang di  Tokyo, sekolah-sekolah diajarkan keunggulan negara Jepang, inisiatif dari individu dihilangkan. Pada akhir tahun 1920an, pelatihan militer diperkenalkan di sekolah–sekolah dan semangat nasionalis dikembangkan melalui murid-murid. Setelah kehancuran bom Hiroshima dan Nagasaki, pendidikan Jepang diarahkan lebih demokratis. Membangun dan mengembangan  pendidikan secara demokratis dalam arti memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh warga Jepang dalam memperoleh pengetahuan . Pada tahun 1951, Kementrian Pendidikan Jepang memperkenalkan  Gakushishudoyoryo atau garis besar panduan belajar. Panduan ini memberikan hak kepada tiap sekolah untuk menentukan kurikulum yang digunakan namun tetap berdasarkan pedoman belajar yang dikeluarkan pemerintah .
Perubahan pendidikan di Jepang membawa perubahan pesat terhadap kemajuan  negara Jepang khususnya juga perkembangan teknologi di Jepang tanpa menghilangkan adat budaya Jepang. Sepenting itulah peran guru dalam suatu negara sehingga kehadiran guru mengantarkan Jepang pulih dan mengalami kemajuan yang amat pesat sampai saat ini . Profesi Guru, pentingkah? Jika kita lihat bagaimana perjalanan negara Jepang yang lepas dari keterpurukan setelah di Bom pada Perang Dunia II. Guru merupakan posisi yang strategis bagi pemberdayaan dan pembelajaran suatu bangsa. Guru dapat mengatisipasi perubahan  dan besarnya tuntutan dan tekanan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dalam kemajuan suatu bangsa .

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Mari Selamatkan Bumi dan Lingkungan

Pimpinan SMP Muhammadiyah 36 Ibu Mona Farida, SE, M. Pd bersama Wakil Pimpinan Humaidi, S.Pd yang tergabung bersama Indonesia Green Principal Award (IGPA) dalam Kegiatan Circular School

27/04/2025 12:07 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 60 kali
Olimpiade Muhammadiyah Berprestasi Nasional (OMBN)

Olimpiade Muhammadiyah Berprestasi Nasional (OMBN) adalah ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah untuk mengasah potensi dan kreativitas siswa-siswi Muhamma

27/04/2025 11:46 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 47 kali
Kepala SMP Muhammadiyah 36 Jakarta dilantik Pengurus CSPP (Circular School Program Partnership) Tahun 2025-2027

Kepala SMP Muhammadiyah 36 di tunjuk sebagai Bendahara di kepengurusan CSPP. Program CSPP, di tahun 2025 telah memiliki alumni 124 sekolah di seluruh Indonesia. Awal mula dari Inisiat

27/04/2025 11:34 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 92 kali
MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG JURNALISTIK DAN PROFESINYA : SISWA SMP MUHAMMADIYAH 36 JAKARTA

Sabtu, 22 Februari 2025 Siswa SMP Muhammadiyah 36 Jakarta berkontribusi pada kegiatan Pelatihan dan lomba Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Tekno

09/03/2025 06:53 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 335 kali
Setiap Hari Kita Makan Plastik ?

SMP Muhammadiyah 36 Jakarta kembali mengikuti kegiatan Greenpeace yang bertajuk " Hidden Pollution: The Unseen of Microplastics " pada Hari Minggu, 23 Februari 2025 di Creative Hall, M

07/03/2025 08:56 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 410 kali
Science Club SMP Muhammadiyah 36 Jakarta

Assalamualaikum wr wb Science Club adalah ekstrakulikuler yang menjadi ranah pengembangan minat dan bakat sains pada peserta didik SMP Muhammadiyah 36 Jakarta. Akan tetapi, tidak hanya

26/02/2025 10:45 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 625 kali
Olimpiade Muhammadiyah Berprestasi Nasional Guru Inovatif : Praktik Baik DIWASASRI

Olimpiade Muhammadiyah Berprestasi Nasional (OMBN) 2025 diselenggarakan di Semarang pada tanggal 24-25 Januari 2025 oleh Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Olimpiade

04/02/2025 08:19 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 478 kali
SMP Muhammadiyah 36 Jakarta mengikuti seleksi Muhammadiyah Changemaker Award

Perwakilan siswa dan guru SMP Muhammadiyah 36 Jakarta mengikuti Seleksi Muhammadiyah Changemaker yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan Nonformal Pimpinan P

14/01/2025 12:01 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 485 kali
SMP Muhammadiyah 36 Jakarta mengikuti seleksi Muhammadiyah Changemaker Award

Perwakilan siswa dan guru SMP Muhammadiyah 36 Jakarta mengikuti Seleksi Muhammadiyah Changemaker yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan Nonformal Pimpinan P

14/01/2025 12:00 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 449 kali
Belajar dari Alam bersama Greenpeace Indonesia

Greenpeace merupakan organisasi lingkungan yang berjuang melindungi masa depan bumi, manusia,d an keanekaragaman hayatinya. SMP Muhammadiyah 36 Jakarta berkesempatan mengirimkan 3 peser

13/01/2025 14:16 - Oleh Ichlasul Amalea, S.Pd - Dilihat 565 kali
slot gacor
slot gacor sbobet sbobet88 slot gacor akperpgp.ac.id ak4d slot gacor slot gacor Slot Gacor